Bapak ,Ibu Waspadalah !!...Akan Tersebar Wabah Flu Singapura –Ini Dia Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatannya"!! Tolong Sebarkan Informasi ini...Satu Share Dari Anda Telah di Tunggu Saudara-Saudara Kita..!!!

Bapak ,Ibu Waspadalah !!...Akan Tersebar Wabah Flu Singapura –Ini Dia Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatannya"!! Tolong Sebarkan Informasi ini...Satu Share Dari Anda Telah di Tunggu Saudara-Saudara Kita..!!!

Baca Juga

Mungkin saja ada banyak yang belum tahu apakah itu “flu singapura”, bisa dibuktikan saat seorang anak saya diagnosis dengan menyampaikan “Pak, Bu, Ananda ini tengah terserang flu singapura” Ortu : “wah, penyakit apakah itu dok? meskipun sebenarnya kami belum pernah ke singapore”.. hmmm.. itu satu di antara contoh dan ada banyak yang lain. 


Oleh karena itu pada saat ini, mari kita jalani apakah itu flu singapura, tanda tanda beserta ciri-cirinya, penyebabnya dan pemularannya dan pengobatan atau perawatan di rumah untuk pasien flu singapura. semoga bisa berikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pembaca sekalian. 

Arti kedokteran flu singapura yaitu hand foot and mout disease atau disingkat HFMD, jika dibahasa indonesiakan jadi penyakit KTM (Kaki Tangan Mulut) karena satu diantara ciri penyakit ini yaitu ada lepuhan pada kaki, tangan, dan mulut. Lalu mengapa disebut Flu singapura? karena penyakit ini pernah mewabah di singapore sampai banyak sekolah serta fasilitas umum yang lain jadi ditutup karena penyakit ini sampai penyakit ini jadi popular dengan sebutan flu singapore. 

Flu singapura yaitu penyakit infeksi virus yang menyebabkan luka seperti sariawan yang banyak pada bibir dan mulut sisi dalam, luka lepuhan juga terlihat pada tangan, kaki, dan terkadang pada pantat atau daerah popok. 

Penyebabnya dan Langkah Penularan Flu singapura 

Penyebabnya Flu singapura yaitu virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Virus Penyebabnya Flu singapura tersering namun mudah yaitu Coxsackie A16, tengah penyebabnya yang mengakibatkan persoalan berat atau miliki potensi mengakibatkan komplikasi sampai kematian yaitu Enterovirus 71. 

Karena pemicunya v! rus jadi flu singapura ini mudah menular. Penularannya seperti penyakit flu yakni lewat droplet waktu bersin, air liur, tinja, dan cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak selekasnya bisa lewat barang-barang yang terkontaminasi oleh cairan itu. Penyakit ini biasanya menyer4ng balita umur 2 minggu sampai 5 th., namun ada masalah yang berjalan pada anak sampai umur 10 th.. Tengah Orang dewasa biasanya kebal pada enterovirus ini, namun mungkin saja terjadi. 

Seperti infeksi v! rus biasanya, umpamanya cacar air, anak yang telah pernah terserang flu singapura bakal mempunyai kekebalan pada penyakit ini. Dengan catatan, v! rus strain-nya sama, namun jika v! rus strainnya tidak sama, anak tetaplah bisa terserang lagi. 

Tanda-tanda Flu Singapura 

Tanda-tanda Flu singapura biasanya akan terlihat 3 hingga 6 hari setelah anak terserang atau terkena v! rus. Ini disebut saat inkubasi.Tanda-tanda flu singapura salah satunya : 

Pada awalnya anak akan alami demam dengan suhu tubuh 101°F (38°C) sampai 103°F (39°C) disertai rewel atau lesu kadang-kadang disertai pilek. Pada anak yang lebih gede biasanya mengeluh sakit tenggorokan, pada bayi mungkin saja akan menolak ASI atau tidak ingin minum terlebih makan karena sakit menelan. 

Lalu satu atau dua hari kemudian, terlihat bintik-bintik merah waktu itu jadi luka atau lecet di mulut (bibir serta pipi sisi dalam, langit-langit serta tenggorokan) sama sariawan kecil-kecil serta banyak. Selain itu terlihat juga ruam berbentuk bintik-bintik merah datar atau terlihat di isi cairan (vesikel) atau lepuhan, dan kadang-kadang pecah jadi lecet (ulkus). Ruam atau lepuhan ini biasanya ada pada telapak tangan serta telapak kaki ; bisa pula terlihat pada lutut, siku, pantat atau daerah genital. 

Beberapa anak yang terinfeksi dengan virus flu singapura ini mungkin saja tak dapatkan semua tanda penyakit. Beberapa mungkin saja cuma alami ulkus mulut atau lepuhan pada kulit. 

Seperti penyakit v! rus yang lain, penyakit flu singapura akan tambah baik sendiri tak ada pengobatan dalam kurun saat 7-10 hari. 

vesikel flu singapura contoh lepuhan flu singapura pada telapak tangan Perawatan serta Pengobatan Flu Singapura Penyakit flu singapuran biasanya tidak membutuhkan pengobatan khusus. Anda bisa memakai perawatan di rumah untuk menolong memperingan sinyal tanda flu singapura pada anak, yaitu lewat langkah : 

Berikanlah anak cairan atau minuman dingin untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Minum harus banyak agar tidak jalan dehidrasi. Jangan pernah berikan makanan atau minuman yang merasa asam atau pedas, kerupuk, keripik atau gorengan sejenis. Karena makanan ini bisa buat sariawan lebih menyakitkan.  

Untuk meredakan nyeri dan demam, berikanlah acetaminophen (parasetamol) atau ibuprofen. 

Jangan pernah berikan antibiotik lantaran penyakit ini karena oleh virus tidaklah bakteri. 
  
Jika anak atau bayi juga alami muntah, diare atau tidak bisa makan dan minum hingga jadi lemah, jadi pasien itu harus dirawat. 

Langkah Menghindar Flu Singapura 

Tak ada vaksin yang bisa disuntikkan bikin perlindungan pada v! rus yang mengakibatkan penyakit tangan, kaki, dan mulut ini. Seorang bisa turunkan kemungkinan atau menghindar flu singapura lewat langkah : 

Sering bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir, terlebih setelah ganti popok dan memakai toilet. Rajin bersihkan benda-benda yang sering disentuh termasuk mainan anak. 
  
Jauhi kontak dekat seperti menc! um, memeluk, atau berbagi perlengkapan makan atau cangkir dengan beberapa orang yang lagi sakit flu singapura.

sumber:http://www.indah-nya-berbagi.com/2016/06/bapak-ibu-waspadalah-akan-tersebar.html

Related Posts

Bapak ,Ibu Waspadalah !!...Akan Tersebar Wabah Flu Singapura –Ini Dia Gejala, Ciri-ciri dan Pengobatannya"!! Tolong Sebarkan Informasi ini...Satu Share Dari Anda Telah di Tunggu Saudara-Saudara Kita..!!!
4/ 5
Oleh